})(window,document,'script','https://www.google-analytics.com/analytics.js','ga'); ga('create', 'UA-85541756-1', 'auto'); ga('send', 'pageview'); Kamu suka belanja online? Sama. Jangan main asal beli aja. Ada aturan mainnya say. Check out 10 tips for online shopping and make every cent counts.

10 Tips Belanja Online to Make It Worth

10 Comments
Sociolla Box

Kamu suka belanja online? Sama. Begitu buka sosmed dan ada gambar unyu-unyu gitu dari olshop favorite kamu, kayaknya nggak bisa nahan diri gitu ya mau belanja.

Kenapa sih kita belanja online?

You can do it from anywhere. Mau dari rumah, kantor, di jalan, di rumah sakit. pokoknya dimana aja bisa selama ada internet. Mau pesen dari ujung dunia mana pun bisa kok. Asal sanggup aja.

Ngirit ongkos, waktu dan tenaga. Biaya ojek atau parkir, bensin lumayan gede loh. Apalagi kalo toko spesifik yang pengen di kunjungin. Iya kalo deket, kalo jauh, makan waktu dan tenaga banget kan. dan nggak tau kenapa, biasanya online shop lebih murah dari toko-toko “offline”.

Karena kita bisa liat dari berbagai macam toko, variasi produk dan harga pun jadi lebih banyak. Bahkan kadang ada produk yang udah aku incer banget nih. Begitu liat-liat lagi, ada produk yang komposisi dan fungsinya mirip dengan harga yang lebih terjangkau.

Praktis banget kan? Eits, jangan main asal order aja. Ada aturan mainnya. Apalagi kita nggak berhubungan langsung (physically) dengan penjual. Salah-salah malah kecewa. Ini beberapa tips pada saat belanja online.

1. Cari Toko yang Terpercaya

Pastikan toko yang kamu kunjungi bukan toko abal-abal. Kalo di sosmed, ini bisa dilihat dari jumlah follower, testimoni dan review. Aku pribadi masih lebih suka belanja di situs-situs besar karena lebih percaya aja dengan sistemnya. Dan situs belanja besar biasanya punya customer care yang emang sedia setiap saat kalo kita ada pertanyaan atau komplain.

2. Do Lots of Searching

Salah satu keuntungan belanja online adalah kamu bisa compare produk yang mirip di berbagai toko. Selain itu kamu juga bisa membandingkan harga di satu toko dengan satu toko lain. Kita bisa menggunakan filter yang tersedia misalnya search by item, color, price range, and more, then scroll through all the options available for purchase.

3. Pay Attention to the Detail

Maksudku disini adalah. Misalkan kita pengen beli baju, makeup, skincare, anything. Kita bisa cari tau dulu komposisi, bahan, do they need special care, things like that yang kita nggak bakal bisa punya enough time untuk memperhatikannya kalo kita belanja di mal. Selain itu khusus untuk pakaian, perhatikan ukurannya dengan seksama. Tinggi, lebar, lingkar, semuanya. Good site has good explanation.

4. Baca Review Pelanggan

Perhatikan juga review dari customer sebelumnya. Baca semuanya kalo bisa. I did. Soalnya dari review ini kita bisa mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang produk. They already got the product gitu, jadinya kita bisa tau seberapa realnya gambaran deskripsi penjual.

Kalo belum yakin juga, ngobrol sama penjualnya. It’s okay. Mereka ramah kok. Dan kita bisa liat seberapa tanggap mereka dalam menyikapi antusiame kita. 🙂 Nggak masalah kan menyisihkan waktu sedikit demi mendapatkan the best of the best.

5. Ongkos Kirim

Ongkir juga merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan. Biasanya sih situs-situs besar ngasih free shipping di daerah tertentu atau selama masa promosi. Beberapa situs menawarkan free ongkir dengan minimum pembelanjaan. Kita bisa ngajak teman untuk order barang supaya meringankan biaya ongkir dan sekalian jadi alasan biar bisa meet up. 🙂

6. Return Policies

Belanja online bisa risky banget kalo kita nggak hati-hati. Kan kita nggak tau barangnya secara fisik sebelum membeli. Tipsnya sih baca dulu return policiesnya. Ada beberapa situs yang nawarin free return dengan kondisi dan dalam jangka waktu tertentu. Makanya ini penting banget. Kalo nggak yakin, once again tanya deh. It’s not gonna cost you anything.

7. Sale and Promotion

Meskipun kita udah tau nih apa yang mau dicari, liat aja dulu their sale section. Siapa tau ada yang menarik dan mungkin mirip dengan apa yang kamu butuhkan dan dengan harga yang lebih murah. Atau misalkan kamu belum butuh sekarang, add to the wishlist aja dulu.

Ngomongin soal wishlist, you might wanna edit it frequently. Jangan terpaku pada satu produk aja. Setiap hari ada tawaran baru yang lebih menggiurkan yang might even worth to be in your Wishlist.

Perhatikan juga tanggal-tanggal dimana ada promosi besar-besaran. Misalkan halbolnas, sale akhir tahun, deket-deket lebaran dan natalan.

8. Subscribe dan Follow

Di beberapa situs belanja besar, kita bisa dapat potongan belanja dengan Sign Up to their Newsletter. Ini biasanya ditujukan untuk pengunjung baru. Keuntungannya kita bakal dapat infomasi paling aktual tentang diskon. Begitu juga di sosmed. Mau itu Fanpage, Twitter atau Instagram. Mana nyamannya kita aja.

9. Cari Semua Diskon yang Ditemukan

Kita bisa nemuin diskon-diskon dimana aja. Misalkan untuk diskon spa, restoran atau tiket masuk, kita bisa liat di Groupon. Untuk dapat cashback belanja di situs-situs tertentu, kita bisa liat di ShopBack. Untuk belanja makeup misalkan di Sociolla, kamu bisa gunakan kode diskon dari Blogger Sociolla like meh. 🙂

10. Customer Point

Ini salah satu alasan aku suka sama online shopping. We get something from what we spend. Aku contohin di Sociolla. We get something that called Beauty Point every time we purchase. So basically kita bakal dapat point setiap kali belanja. Dan nantinya kalo point kita udah mencapai nilai tertentu kita bakal bisa uprade membership kita untuk mendapatkan benefit lainnya misalkan lebih banyak diskon, special gift, pokoknya banyak plus-plusnya deh.

 

Satu lagi yang aku nemuin di Sociolla yang bikin aku kepincut.

Sociolla Box

Aku baru nemu sih yang begini. Mungkin aku yang kudet atau gimana. No problem lah ya pokoknya aku suka aja. Intinya sih kita langganan bulanan belanja di Sociolla. Barangnya adalah pilihan 4-5 produk kekinian yang dipilih oleh their Beauty Expert. Maybe you’ll say kan kita nggak tau bakal dapat apa aja. Don’t worry. Produknya oke punya. Dan dengan 150rb per bulan kita bisa dapat produk yang nilainya jauuuhhh lebih banyak dari itu. Save money banget. Kalo kamu orangnya yang suka belanja makeup kayak aku, ini bisa jadi pilihan yang bagus.

Shopping in Sociolla

Instagram : Sociolla

Your thoughts?

Menurut kamu tips mana yang paling oke dan apakah kamu punya tips lain yang belum aku mention? Apakah kamu punya favorit olshop? Let me know in the comment section. Mudah-mudahan membantu. 🙂

10 Comments
  • Inka Paramita

    Reply

    Hi Alifaaa.. sama doonk aku suka banget belanja online daripada mesti ke storee hihi… kadang foto2 nya itu lebih menarik dari aslinya sih haha.. sama sensasi pas paket tiba di rumah dan kita unboxing tuh seru ajaa hahaa kadang suka dapet bonus produk apa atau free sample gitu lumayan kaan hihi.. btw aku baru paham tuh tentang sociolla box haha.. itu kita pasrah dipilihin barang sama tim nya atau bisa request ngga sih misal yang sesuai sama jenis kulit kita ? hahaa.. thanks for sharing yaa Alifaa 🙂

    • Alifah

      Hey Inka, aku suka seneng banget pas penantian barang datang. Langsung lari kalo ada yang teriak paket gt. Paling sebel kalo lagi banyak kerjaan yang ga bisa ditinggal trus ada paket datang. Sociolla box kayaknya udah dipilihin, tapi mereka juga considering jenis dan warna kulit kita kayaknya. Soalnya di akun sociolla ada beauty profil gt. Isinya itu Skin Type, Skin Tones, Skin Concern dan Hair Type.

  • Edwina

    Reply

    Saat ini, Sociolla jadi andalan buat beli makeup online. Selebihnya cari ke Shopee atau Mooishe untuk brand drugstore luar. Soalnya Sociolla sering diskon dan bisa pake poin, belanja bisa lebih hemat lagi. Thanks for sharing 🙂

    • Alifah

      Hi edwina, untuk produk lokal terutama masih jagonya sociolla. Untuk produk korea kyknya banyak juga yang belanja di Althea, Qoo10, KoreaBuys gt. Aku lagi ngumpulin poin juga nih. Biar bisa upgrade dan lebih banyak diskon. Hehehe…

  • Rizkika Widianti

    Reply

    menurutku ongkir termasuk yang penting juga tuh, ya bisa aja barangnya murah di toko ini tapi jauh jadi ongkirnya ngebengkak. biasanya aku itung langsung dgn ongkir biar enak ngebandinginnya. makanya lagi demen banget nyari toko yang ngasih free ongkir XD

    • Alifah

      Sama banget. Aku makanya biasa cari toko yang selokasi atau deket2 aja biar ongkirnya lebih murah. Kalo mesennya dari luar biasanya ngajak temen bareng biar lebih ringan. XD

  • jennifer tanuwijaya

    Reply

    nice tips! bener bgt, paling butuh itu cari kode diskonan hihi

    • Alifah

      Iyes. Pantang belanja sebelum dapat kode diskon yak. LOL

  • Lianaeka

    Reply

    bermanfaat banget ka alifah. kalo aku tetep ngincer waktu waktu tertentu biar diskon+free ong wkwkwk

    • Alifah

      Nunggu masa2 promosi dan gabungin sama free ongkir. Ga kebayang borongannya kayak apa. hehehe

Leave a Reply