Saat hamil, kita biasanya mengalami perubahan hormon yang membuat kulit jadi kering, jerawatan, dan bisa jadi lebih sensitiv. Mengikuti perubahan kulit kamu, skincare juga jadi harus berubah dong. Pemilihan skincare untuk ibu hamil memang agak ribet sih. Tapi nggak usah panik. Ini adalah panduan dan tips yang aku pelajari dan kumpulkan dari berbagai sumber dedicated untuk beberapa temen yang galau memilih skincare untuk ibu hamil.

Filosofinya..

Plasenta bayi layaknya wadah penyaring besar yang sedang beroperasi membentuk organ bayi. Jadi saat pembentukan terjadi, suatu kesalahan kecil pun bisa berdampak besar nantinya.

Emang sih kulit punya barrier. Tapi kita semua tau kalo beberapa produk yang digunakan akan terserap baik kedalam kulit dan mencapai alirah darah. Itu artinya, that produk bisa sampai ke plasenta dan mempengaruhi pembentukan bayimu. Demi keamanan tersebut, maka mari kita hindari banyak tingkah laku buruk yang sering kita lakukan antara lain.

“No coffee, no sushi, no deli meat, no alcohol.”

Ini pasti udah dibilangin sama dokter kandunganmu lah ya. You need to give up kopi, makanan mentah atau setengah matang dan alkohol apa lagi. Dan sebaiknya sebelum makan minum, menggunakan produk, ngapa-ngapain, konsultasikan dulu dengan doktermu. 🙂

Back to the topic..

Karena banyak produk kecantikan dan skincare yang nggak aman untuk ibu hamil dan menyusui. Yang udah jelas seperti Neurotoksin kayak Botox yang dapat menyebabkan kelumpuhan pada bayi, segala bentuk Retinol dan Vitamin A yang dapat menyebabkan deformitas janin jika digunakan dalam dosis tinggi, atau Hydroquinone (bahan pencerah kulit untuk hyperpigmentasi). Ntar aku bakal bahas lebih dalam dibawah.

Trus pake apa dong??

Sebelum kita masuk ke bahan yang aman digunakan untuk skincare ibu hamil. Kita harus tau dulu bahan yang nggak boleh masuk dalam daftar list ingredients produk kecantikan kamu. Yuk latihan baca komposisi produk sebelum membeli. Ini juga akan berguna dalam banyak hal seperti makanan, makeup, pembersih rumah, dsb.

Bahan Yang Harus Kamu Hidari Dalam Pemilihan Skincare Untuk Ibu Hamil

– Retin A/Accutane, Retinoids, Vitamin A

Pelaku kejahatan besar yang namanya akan muncul pertama pada list komposisi produk kecantikan. Accutane banyak sekali dikaitkan dengan cacat lahir dan Retin A meskipun nggak ada penemuan terkait dengan cacat lahir, tapi saudaraan dengan Accutane. Makanya mending skip aja.

Retinoid adalah turunan Vitamin A yang biasa digunakan sebagai bahan anti-aging dan perawatan wrinkle. Beberapa orang juga menganggap overall Vitamin A juga harus dihindari. Tapi hey, tubuh kita juga butuh Vitamin A. Cukup konsumsi aja, nggak usah nambah lagi di skincare selama hamil.

PS : Beta-Carotene juga Vitamin A. Tapi ini dianggap terpisah dari Retinoid dan dianggap aman selama masa kehamilan. Yep you can eat carrot.

– Semua Bentuk dan Jenis Hydroxy Acids

Hydroxy Acids adalah chemical exfoliator yang mengatasi berbagai masalah kulit seperti komedo, jerawat, dan lain-lain. Intinya, mereka membuat kulit jadi lebih kinclong dan bebas masalah. Tapi ini adalah jenis skincare yang seterong banget dan menyerap dalam kulit untuk membasmi masalah kulit tadi. Semua jenis AHA dan BHA tidak disarankan untuk ibu hamil. 

Begitu juga dengan Benzoyl Peroxide dan Salicylic Acid sebagai bahan untuk perawatan jerawat paling tokcer juga dinilai sebagai kategori yang sangat berbahaya jika digunakan pada saat hamil.

Hydroquinone seperti yang aku mention diatas adalah pencerah kulit. Ini juga termasuk Licorice Root Extract dan Alpha Arbutin. Nggak jelas kenapa tapi ini termasuk dalam list produk yang tidak boleh digunakan selama masa kehamilan.

Bahan Yang Aman Digunakan Dalam Pemilihan Skincare Untuk Ibu Hamil

Hyaluronic Acid

Hyaluronic Acid aman digunakan saat hamil dan menyusui. Kenapa? Hyaluronic Acid adalah bahan yang sangat membantu kelembaban kulit. Meskipun ada kata-kata Acid-nya, partikel Hyaluronic Acid simply too big to absorb in the skin dan menembus sampe ke dalam aliran darah kita. Hyaluronic Acid hanya akan sit on top of our skin and help to lock the moisture of the skin. Kulit kita mempunyai barrier yang ketat kok. Jadi untuk yang satu ini, semua sumber mengatakan aman.

Vitamin C

Vitamin C aman digunakan saat hamil dan menyusui. Ini akan membantumu mengatasi hyper-pigmentation tanpa harus menggunakan hydroquinone. Vitamin C juga kaya akan antioksidan membantumu untuk mendapatkan kulit yang lebih lembut dan sehat.

Glycolic Acid

Glycolic Acid terbuat dari gula alami dan aman digunakan untuk ibu hamil. Ini membantu unclog pores, membuat kulit jadi lembut dan glowing. Inget aja jangan digunakan keseringan karena bisa membuat lapisan kulit jadi tipis dan kulit kamu bakal jadi lebih sensitiv juga bisa membuat iritasi. Pakailah seminggu sekali.

Kamu bisa menggunakan Glycolic Acid dengan kadar 10%. Tapi kalo kulitmu berminyak banget dan berjerawat, kamu bisa pake yang lebih strong. Nggak cuma di wajah, kamu juga bisa menggunakan Glycolic Acid di tubuh yang kering dan kasar.

Oils

Kamu bisa banget pake Oil apapun selama hamil. Ini bagus untuk melembabkan dan menutrisi kulit selama masa kehamilan. Bio Oil direkomendasikan untuk membantu mengurangi strech marks dan menutrisi kulit. Olive Oil bisa kamu gunakan untuk membersihkan makeup, melembabkan kulit dan apa lagi ya. Pokoknya holy grail deh. Almond Oil kaya akan Vitamin E yang akan membantu kamu mencerahkan kulit.

Bahan Yang Masih Abu-Abu Digunakan Dalam Pemilihan Skincare Untuk Ibu Hamil

Lactid Acid terbukti aman dalam penelitian kehamilan pada animal testing sih. Tapi pada manusia belum. Sebaiknya dihindari untuk penggunaan daily. Tapi kalo pengen banget, bisa juga kamu gunakan sebulan sekali atau every other time. Tapi lebih baik lagi kalo kamu konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Citric Acid dan Kojic Acid juga katanya aman menurut beberapa dokter, cuma belum ada hasil studi yang membuktikannya. Kalo kamu punya produk yang punya kandungan ini, pastikan mereka bukan komposisi utama dan jumlahnya kecil untuk bisa digunakan. Atau kamu bisa menggunakannya 1-2 minggu sekali.

Suprisingly Paraben termasuk daftar produk yang aman digunakan dalam skincare untuk ibu hamil loh. Karena Paraben berfungsi sebagai pengawet untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan menjaga kualitas produk. Beberapa dekade lalu memang Paraben dianggap nggak aman karena bisa memicu kanker dan mempengaruhi kadar estrogen tubuh. Tapi dengan berjalannya waktu dan teknologi, pembatasan penggunaan kadar Paraben pada kosmetik dianggap aman, bahkan untuk ibu hamil dan menyusui. Tapi gitu deh. Kalo kamu nggak nyaman jangan dipake ya.