})(window,document,'script','https://www.google-analytics.com/analytics.js','ga'); ga('create', 'UA-85541756-1', 'auto'); ga('send', 'pageview');

Jangan Memakai Foundation Setelah Melakukan Beberapa Hal Ini

2 Comments

Kita yang punya rutinitas makeup setiap harinya pasti udah punya step-step sebelum mengaplikasikan makeup. Mulai dari membersihkan wajah, serum, toner, sunblock, pelembab dsb. Ini semua kita lakukan supaya makeup kita jadi lebih nempel dan kelihatan flawless af.

Baca juga : Cara Memilih Foundation

Meskipun wajib hukumnya kita memperhatikan kulit wajah kita supaya lebih cantik, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan agar makeup nggak membuat kulit wajah kita jadi bermasalah. Ini adalah beberapa hal yang sangat tidak dianjurkan oleh para MUA sebelum kita memakai foundation.

1. Setelah Facial

Untuk mendapatkan wajah yang mulus kita perlu membersihkan wajah kita dengan rutin. Facial adalah salah satu hal yang dilakukan untuk membersihkan wajah dengan lebih maksimal. Mungkin kita mau ada acara dan pengen facial dulu sebelum itu.

Bener sih teorinya kalo wajah yang mulus membuat makeup juga lebih mulus. Tapi habis facial, bahkan facial paling standar pun, membuat pori-pori kita jadi lebih rentan terhadap bakteri. Nggak mau kan habis facial malah breakout gara-gara makeup. Tunggu aja dulu sehari setelah facial, saat pori-pori kita udah kembali normal.

Beberapa produk makeup yang bisa kamu aplikasikan beberapa jam setelah facial adalah produk yang mengandung skincare. Tapi kalo bisa produk yang beneran berkualitas dan udah kita percaya banget. Well itu kalo kepepet sih.

2. Habis Mencet Jerawat/Komedo

Sama halnya dengan facial, kalo wajah kamu lagi radang dengan jerawat dan komedo pasti gemes banget kan pengen mencetin. Ada beberapa orang yang rajin banget ekstraksi tiap hari di rumah. Teorinya gini, habis kita ekstraksi kan kita membuka pori-pori nih. Wajah kita tuh “terluka” meskipun nggak kelihatan. Otomatis bakteri bakal lebih gampang masuk dong. Makanya facial sama ekstraksi ini tidak dianjurkan sering-sering. Sebulan sekali udah cukup kok. Kalo pengen mencet malem aja sebelum tidur. Biar sekalian kulit wajah istirahat. Dan pastikan cara membersihkan wajah kamu benar ya. Breakout itu nightmare jengs.

Baca juga : Cara Membersikan Wajah Ala Korea

3. Color Correcting

Bagi yang belum ahli dengan Color Correcting, kamu mungkin mau skip part Color Correcting saat mau makeup. Sebenernya tehnik ini hanya dilakukan saat pemotretan dan syuting aja dulu. Cuma sekarang  jadi booming aja.

Pertama, untuk everyday makeup tahapan ini nggak perlu. Kita bisa cukup menggunakan concealer untuk menyamakan warna kulit. Kedua, semakin banyak produk yang kita aplikasikan, semakin “berat” dan nggak natural hasilnya dan kemungkinan cakey semakin besar. Ketiga, salah Color Correct bisa membuat wajah jadi kelihatan uneven.

Kalo pengen banget Color Correct sebaiknya pahami dulu lebih dalam dan latihan dengan menggunakan lighting yang baik. Dan nggak usah pakai banyak-banyak. Menurut aku, makeup itu semakin tipis produk yang kita aplikasikan tapi dengan tehnik dan produk yang benar akan terlihat lebih flattering.

Baca juga : Apa itu Color Correcting

4. Covering Up (Instead of Enhancing)

Ketika memakai makeup, ingat kata kunci ini: Love yourself. Jangan fokus pada apa yang nggak kita sukai dari wajah kita tapi fokuslah pada apa yang kita sukai tentang diri kita.

5. Setelah Exercise

Jangan buru-buru memakai makeup setelah olahraga. Setelah olahraga pori-pori kita terbuka dan gampang banget menyerap makeup dan kotoran yang dapat menyebabkan breakout.

6. Setelah Memakai Kuteks

Ini yang terakhir. Simple sih, setelah memakai kuteks jelas bahwa cat kuku mungkin masih basah, sehingga mudah untuk transfer noda ke wajah dan bisa jadi sisa kuteks  atau sisa remover aka bahan kimia kena mata atau bibir.

Source : Byrdie

2 Comments
  • jennifer tanuwijaya

    Reply

    thanks for the tips kak! 😀

    • Alifah

      no problem jen..

Leave a Reply