})(window,document,'script','https://www.google-analytics.com/analytics.js','ga'); ga('create', 'UA-85541756-1', 'auto'); ga('send', 'pageview');

Foundation 101

2 Comments

Foundation adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam makeup. Kenapa? Foundation adalah basic dari semua produk yang kamu pakai. Kamu bisa berubah jadi Valak atau Ganguro dengan foundation yang berbeda. Yuk kenalan dengan macam-macam foundation.

Liquid Foundation

Kebanyakan foundation yang dijumpai di Indonesia bertekstur cair. Jenisnya ada yang Long Wearing, Matte, Oil Free, Moisturizing, dll. Pilihlah sesuai kebutuhan kamu. Oh ya, tinted moisturizer, BB, CC, DD cream, sheer dan whipped foundation juga aku kategorikan disini. Secara I don’t see that many different between them, beside the range of coverage.

Kelebihan tekstur ini adalah pengaplikasikannya yang sangat mudah dan cocok dipadukan dengan hampir semua produk lainnya. Foundation jenis ini juga biasanya cepat ready sehingga kamu bisa mengaplikasikan produk lain langsung setelah foundation.

Foundation jenis ini biasanya mempunyai hasil yang matte. Coverage yang ditawarkan adalah light to medium cover. Tapi tenang aja, untuk mendapatkan hasil yang lebih cetar, kamu bisa “build up” sampai beberapa layer kok.

Cream Foundation

Nah ini foundation buat kamu yang pengen makeupnya cetar banget. Teksturnya creamy bahkan ada yang yang hampir padat. Hasilnya akan sangat matte dan biasanya udah ga usah di “set” lagi sama powder. Untuk coveragenya sangat luas jangkauannya,. Kamu bisa mendapatkan full coverage tergantung dari kandungan formulanya dan seberapa banyak foundation yang kamu pake. Pastikan kamu ngeblend dengan baik karena bisa kelihatan cakey nantinya.

Stick Foundation

Sebenarnya cream foundation dan cream foundation hampir sama. Bedanya stick foundation dikemas dalam bentuk padat. Jenis foundation ini dikemas dengan sangat simple dan cocok dibawa untuk berpergian. Buat yang kulitnya sensitive dan berjerawat, stay away from it.

2in1 Compact Powder

Ini adalah jenis foundation yang paling popular di kalangan brand Indonesia sepengetahuan aku. Mulai dari Pixy, Make Over sampe kayaknya aku pernah liat punya MiCa juga deh. Anyway, ini adalah jenis foundation bagi yang nggak mau repot dan super sibuk. Sangat mudah dan cepat diapplikasikan. Untuk kulit kering aku tidak menyarankan ya. Aku biasanya pake ini sebagai finishing untuk mendapatkan hasil yang lebih airbrush dan tahan lama.

Mineral (Loose Powder) Foundation

Pertama kali yang muncul dalam benakku ketika mendengar kata ini adalah MiCa Loose Powder Foudation. Jenis foundation ini lagi ngetend banget secara bahannya sangatlah alami dan cocok untuk semua jenis kulit bahkan untuk kulit dengan sensitivitas tinggi. Untuk pengaplikasiannya sangatlah mudah karena it’s basically looks like a normal loose powder. Bisa di build up sampe berapa layerpun sampai mendapatkan hasil yang diinginkan.

Sebenarnya masih banyak jenis foundation yang ada di luar sana. Tapi berhubung ntar banyak yang tambah bingung, garis besarnya aja ya yang aku kasih. I hope it’s helpful. Kalau ada pertanyaan atau apapun itu, bisa ditanyakan di comment section. Thank you.

2 Comments

Leave a Reply