})(window,document,'script','https://www.google-analytics.com/analytics.js','ga'); ga('create', 'UA-85541756-1', 'auto'); ga('send', 'pageview');

Eyeshadow Primer dan Eyeshadow Base

10 Comments

Apa sih Eyeshadow Primer dan Eyeshadow Base? Gunanya apa? Perlu banget nggak? Kalo perlu kenapa dan bagaimana cara pengaplikasiannya?

Kalo ngomongin eye makeup kebayang gambar-gambar kece yang di Instagram nggak sih? Jadi kepikiran aku kapan ya bisa bikin eye makeup yang kayak begitu. Aku sebelumnya nggak terlalu suka pake eyeshadow kerana kelopak mataku gelap banget. Udah kayak pake smokey eyes dari sononya jadi aku ngerasa nggak butuh. Tapi setelah terjerumuh dalam dunia per”makeup”an lebih jauh, kok kayaknya lucu ya mainan eyeshadow. Lebih pengen explore warna-warna. Apalagi warna-warna ngejreng yang shiny shiny gitu. Ketularan Youtuber nih. Pas musim liburan begini pengen nyobain eye makeup yang nggak biasa. Apalagi kalo ada rencana nongkrong atau ngumpul-ngumpul. Pengen lah sekali-sekali stand out of the crowd.

Setelah aku nyoba sana sini dan belajar, aku menyimpulkan bahwa aku butuh dasar supaya warna eyeshadow lebih kentara. Seperti pada wajah, kita butuh base yang bagus agar makeup jadi lebih kelihatan. Well tergantung kebutuhan sih. Yang sering dipakai untuk dasar adalah Eyeshadow Primer dan Eyeshadow Base. Keduanya bisa digunakan secara terpisah dan bersamaan tergantung kebutuhan dan kecocokan.

Eyeshadow Primer

Eyeshadow Primer adalah krim ringan yang digunakan sebagai lapisan pertama untuk mempersiapkan kelopak mata untuk aplikasi eyeshadow dan biasanya warna netral atau tak terlihat pada kulit. Primer menciptakan penghalang antara kulit dan make up. Ini tuh kayak segel agar minyak dari kulit nggak mempengaruhi eyeshadow. Ini bertujuan agar pemakaian eyeshadow lebih tahan lama dan supaya nggak ada crease nantinya. Primer juga dapat membantu untuk membuat eyeshadow lebih mudah di blend.

My Picks : Mizzu Eye Base Essential, LT Pro Eye Shadow Primer, Benefits Don’t Stray Eyeshadow Primer.

Eyeshadow Base

Eyeshadow Primer dan Eyeshadow Base sebenernya mirip-mirip sih. Ya saudaraan lah. Fungsinya hampir sama. Eyeshadow Base juga bentuknya kebanyakan krim. Ini diaplikasikan di kelopak mata sebelum eyeshadow. Biasanya konsistensinya lebih tebal dan tersedia dalam berbagai warna. Bedanya sama Eyeshadow Primer, Eyeshadow Base itu bisa nggak mencegah crease, pudarnya warna atau membuat lebih tahan lama. Tujuan utamanya hanyalah untuk mengintensifkan warna eyeshadow dan menyediakan dasar untuk eye makeup. Makanya biasanya ada yang suka nambah Eyeshadow Primer sebelum Eyeshadow Base.

My Picks : NYX Jumbo PencilsNyx Cosmetics  Eye Shadow Base, MAC Paint.

 

Jadi gimana dong?

Pas awal-awal mainan eyeshadow, sering banget eyeshadowku luntur dan karena kelopak aku kadang berminyak/keringetan (ya wajarlah dengan panasnya cuaca Indonesia raya ini) eyeshadownya jadi creasing (kalo ada kata-kata yang tepat digunakan untuk “creasing” tolong diberitahu ya. Plis..). Kan jelek jadinya. Kalo pake smokey sih nggak apa-apa ya. Paling sakit hati dikit nggak direken padahal udah pake effort makenya. Tapi kalo pake warna yang terang kan kelihatan banget jeleknya. Udah kayak hamparan debu warna-warni gitu aja. Nah itu lah kenapa aku mulai memakai primer dan base ini.

Eyeshadow Primer membantu menciptakan kanvas mulus yang bebas minyak untuk aplikasi eyeshadow. Pemakaian eyeshadow jadi lebih mudah dan blending jadi lebih menyenangkan. 🙂 Eyeshadow Base membantu membuat kanvas yang lebih baik untuk eyeshadows. Warna-warna eyeshadow benar-benar mulai mucul, lebih cerah dan lebih tajam.

Trus pake yang mana? Karena aku nggak suka kalau ada crease dan aku suka banget dengan warna-warna cerah, aku pakai dua-duanya. Tapi kembali lagi, itu tergantung kamunya. Kalo udah ngerasa cukup dengan salah satu sih no problem ya. Normalnya kalo keluar/ke kantor pake salah satu aja udah cukup. Tapi kalo pas mau ke kondangan atau acara tertentu aja pake dua-duanya.

Mulai dengan pemakaian Eyeshadow Primer terlebih dahulu setelah itu dilanjutkan dengan Eyeshadow Base. Kadang setelah pake primer aku pake concealer aja. Btw, Eyeshadow Base itu nggak cuma netral atau putih aja. Banyak warna lain tergantung hasil yang diinginkan nanti.

Aku udah pake primer sama base tapi kok belum puas? Emang ada beberapa faktor yang mempengaruhi. Untuk eyeshadow primer, pakenya dikit aja dan satu kali aja, nggak usah dilayer. Ngirit juga kan. Selain itu kualitas eyeshadow juga mempengaruhi. Makanya kalo mau beli palette eyeshadow mikirnya lamaaaa banget. Ya kuas dan teknik juga kadang mempengaruhi sih. Tapi apalah itu. Latihan aja kali ya yang sering. Bisa karena biasa. Anyway, mudah-mudahan jelas ya.

Tips

– Eyeshadow primer bekerja denan baik atau bisa digunakan untuk primer pada dibawah mata, di alis, menutupi jerawat, di bibir dan daerah sekitarnya.

– Base berwarna lebih ringan/terang lebih mengintensifkan warna eyeshadows cerah yang bright dibandingkan base berwarna gelap yang mengintensifkan warna-warna cerah tapi kusam (dull).

– Untuk kulit yang lebih gelap disarankan untuk menggunakan warna base yang lebih terang atau netral daripada warnanya sama dengan kulit. Warna base yang gelap biasanya membuat warna lebih kusam.

– Base berwarna hitam atau gelap bisa membuat warna-warna tersembunyi pada eyeshadows duo-kromatik atau metallic keluar. (dong kan?)

– Base berwarna netral atau warna kulit bagus digunakan untuk semua warna tetapi menggunakan warna base yang mirip sama eyeshadow kamu akan lebih membantu mengintensifkan warna yang sebenarnya dari eyeshadows kamu.

– Untuk warna-warna yang soft/halus/yang sering dipake buat transition shade, nggak usah pake base juga udah kelihatan kok.

– Kalo kamu bisa membuat eyeshadow base kamu bekerja dengan baik dan tanpa creasing, itu #goals banget. Nggak butuh lagi yang namanya eyeshadow primer.

 

Contoh Mizzu Eye Base Essential (Rp.50rb) dan NYX Jumbo Pencil (Rp.75rb)

Yang putih NYX Jumbo Pencil

Setelah diblend

Ini contohnya aku pake eyeshadow dari Mizzu. Udah pigmented banget jadi warnanya langsung kelihatan. Warnanya kelihatan hampir sama sih jadinya. Yang paling kelihatan itu NYX Jumbo pencil dan Eyeshadow yang putih. Soalnya base sama warnanya mendukung satu sama lain.

Ini cuma pake Eyeshadow Primer aja. Soalnya nggak pengen terlalu ngejreng juga.

10 Comments
  • Lianaeka

    Reply

    aku pake eyeshadow primer bikinan sendiri karna ya masih low budget banget wkwk xD

    beautybyliana.blogspot.co.id

    • Alifah

      diy eyeshadow primer caranya gimana? mau dong…

  • Vina Eska

    Reply

    Makasi lo kak, kemarin sempet baca di tempat lain juga dan masih bingung. Sekarang udah ngerti. >.<

    • Alifah

      yeeeaayyy glad that you like it. 🙂

  • Erny Kurnia

    Reply

    Aku malah selalu pakai lip cream warna nude terang atau cokelat sebagai base eyeshadow haha

    • Alifah

      wah boleh nih dicoba. ntr aku update hasilnya. thank you.

  • emanuella aka nyonyamalas

    Reply

    Hoooo… aku cuma pernah makenya yang prier: Mizzu Eye Base Essential. Namanya Mizzu Eye Base Essential tapi ini primer kan yak? hehehe

    • Alifah

      iya cin. Mizzu eye base essential itu primer. kalo ada rekomendasi primer yang lain boleh dong. 🙂

  • Annisa p

    Reply

    Nice post kak! Aku jd lebih ngerti bedanya eye primer dan eye base. Jadi kalo kau lebih cetar sebaiknya pake dua duanya ya?
    Nyx jumbo eye pencil ini salah satu wishlist aku. Btw susah gak ya dirautnya?

    akpertiwi.com

    • Alifah

      iya kalo mau lebih dapet warnanya pake dua2nya. aku pengen nyobain warna lain jumbo pencilnya tapi males ke storenya nyx, mehong bok. ga susah kok rautnya.

Leave a Reply