})(window,document,'script','https://www.google-analytics.com/analytics.js','ga'); ga('create', 'UA-85541756-1', 'auto'); ga('send', 'pageview');

Cara Memilih Foundation Yang Tepat Untuk Jenis dan Warna Kulitmu

1 Comment

Bingung bagaimana cara memilih foundation yang tepat? Masalah banget ya buat semua wanita. Emang sih susah susah gampang nyari foundation yang cocok buat kita. Apalagi kalau maunya macem-macem. Mau yang biar coveragenya full, mau yang ga terlalu kelihatan kayak makeupan, mau yang dari brand ini lah itu lah. Ini beberapa tips personal aku buat kamu yang masih bingung cari foundation.

Tips dan Cara Memilih Foundation Yang Benar

1. Kenali Jenis Kulitmu

Sebelum tau cara memilih foundation, kenalan dulu yuk sama jenis kulit kamu. Apakah jenis kulit kamu berminyak, kombinasi, atau kering. Perhatikan juga sensitivitas kamu terhadap makeup. Nggak jarang ada orang yang langsung jerawatan aka breakout setelah memakai makeup sekali dan ada juga yang mau pake apa aja nggka ngaruh sama kulitnya.

2. Bahan Dasar Foundation

Setelah tau jenis kulit kamu, kamu harus tau bahan dasar apa yang cocok untuk kulit kamu. Ada dua bahan dasar utama yang digunakan pada foundation, yaitu silicone dan water.

  • Silicone Base

Kebanyakan produk makeup pasti menggunakan silikon sebagai bahan utama. Kalau foundation kamu ada tulisan “silica atau dimethicone” di ingredients-nya, berarti positif itu silicon based. Silikon ampuh untuk memudarkan garis-garis kerutan di wajah dan tetap membuat wajah kamu tetap bernafas. Selain itu, aplikasinya juga mudah. Kalo jenis kulit kamu sensitive terhadap makeup, hindari foundation dengan bahan dasar ini.

  • Water Base

Foundation dengan bahan dasar Water (Aqua) cenderung sangat ringan dipakai. Buat kamu yang kulitnya bermasalah, aku saranin memilih foundation dengan bahan dasar ini. Untuk segi ketahanannya emang tidak disarankan untuk kondangan, tapi foundation ini ga bakal menyumbat pori-pori yang bikin kamu breakout. Foundation berbahan dasar air tidak disarankan untuk kulit berminyak dan kombinasi. Kenapa? Gampangnya, Air dan Minyak nggak pernah cocok. Minyak yang dihasilkan kulit bakal menumpuk di kulit dan bisa menyebabkan makeup kamu “pecah”. Alhasil makeup kamu jadi kelihatan nggak natural.

maxresdefault

3. Jenis Foundation

Ada banyak banget jenis foundation di dunia ini yang bikin kamu bingung banget milihnya. Secara garis besar, ada empat jenis foundation (in my opinion) yaitu Liquid Foundation, Cream Foundation, Stick Foundation, dan Powder Foundation.

For Dry skin               :  Cream atau liquid foundation dengan dewy finish.

For Oily skin               :  Powder atau Stick foundation dengan matte finish.

For Combined skin    : Powder atau liquid foundation dengan kandungan air minimal 55%.

Untuk tau lebih banyak tentang perbedaan  jenis foundation, bisa cek post aku disini.

4. Pilih warna yang sesuai dengan kulit kamu

Cara paling ampuh untuk memilih warna yang tepat adalah DICOBA. Pilihlah makeup store yang punya asisten sehingga kamu bisa bereksperimen dengan warna. Cobalah beberapa warna yang sesuai dengan “undertone” kamu pada leher atau dagu. Jangan coba pada tangan. Why? Because warna tangan dan wajah sangatlah berbeda. Dan usahakan untuk stay disana as long as you can supaya kamu bisa tau hasilnya setelah beberapa lama dipakai. Untuk tau lebih banyak tentang undertone kamu, bisa cek post aku yang ini.

5. Sesuaikan bahan dasar dengan Moisturizer, Primer dan Concealer.

Setelah menemukan foundation yang tepat, usahakan memakai Moisturizer, Primer dan Concealer dengan bahan dasar yang sama. Seperti aku sebutin di atas, either it’s silicon or water base. Kenapa? Dengan kandungan yang sama, mereka akan berkerja sama dengan lebih efektif sehingga makeup kamu lebih tahan lama.

foundation-spill

6. Jangan Beli Produk Abal-Abal

Lastly, tolong jangan beli produk abal-abal ya cantik. Wajah adalah aset yang sangat berharga. Emang sih harganya lebih murah, tapi kedepannya nanti ketika kamu breakout atau terjadi masalah dengan wajah atau tubuh kamu, the cost will be more expensive than you might imagine.

Anyway semoga ini bermanfaat dan feel free to ask question in the comment section below. I’ll be happy to help. Thank you.

1 Comments

Leave a Reply