})(window,document,'script','https://www.google-analytics.com/analytics.js','ga'); ga('create', 'UA-85541756-1', 'auto'); ga('send', 'pageview');

Cara Membersihkan Wajah ala Korea

3 Comments

Gimana cara membersihkan wajah yang benar menurut pakar kecantikan korea?

Hampir semua wanita kayaknya sensitif sama yang namanya bersihin wajah, apalagi sekarang dengan bertambahnya usia dan sering banget makeupan. Pengennya wajah tetep bersih dalam artian nggak jerawatan, nggak komedoan, nggak kering dan kusam (banyak ya maunya). Wajah yang bersih diperlukan untuk menunjang pengaplikasian makeup. Kenapa? Soalnya nggak peduli seberapa kecenya produk yang dipakai, kalo kondisi wajah lagi rewel, hasilnya nggak akan maksimal. Disisi lain makeup juga bisa menjadi biang masalah jika tidak dibersihkan dengan baik. Makanya kita harus memastikan kalo wajah kita benar-benar besih.

Anyway, emang orang Korea cara membersihkan wajahnya beda? Kan tinggal cuci muka pake Cleanser Foam. Habis itu bilas dengan air. Atau kalau lagi pake makeup, pake Makeup Remover dulu. Trus bedanya apa dong? Kalo menurut aku, Korean Beauty mengusung slogan Bersih Maksimal dan Kulit Tetap Sehat. Berikut ini adalah cara yang dianjurkan atau dinilai efektif sama Cleansing Expert Korea untuk membersihkan wajah. Sebelumnya ada beberapa detail yang harus diperhatikan.

skin-types

1. Don’t massage your face when cleansing

Nah lo, sering banget aku. Aku ngerasa bakal lebih bersih kalo bersihin wajah lama-lama apalagi sambil dipijet-pijet. Lebih seger aja sih menurutku. Kan kayak pas lagi facial di salon gitu. Ternyata ini bisa membuat wajah kita jadi lebih kotor, karena banyak partikel-partikel dari tangan kita yang bisa pindah ke wajah kalo kita lama-lama bersihin wajah. Hmmm…

2. Don’t remove your makeup with dry surface.

Yang dimaksud disini adalah be gentle to your skin. Permukaan kapas atau alat pembersih lain yang kering tergolong kasar untuk membersihkan wajah. Bisa-bisa wajah kita jadi lecet. Pastikan produk yang diaplikasikan ke kapas harus cukup. Atau bisa juga langsung memakai tisu basah atau tisu pembersih.

konjac_color

PS: Biar lebih hemat kapas dan lebih bersih biasanya aku pake Facial Sponge. Cara pakai Facial Sponge, rendam dengan air sampai lembut, trus peras perlahan-lahan. And ready. Siap dipakai.

Recommended product: Natural Konjac Facial Sponge

3. Cleanse your face based on the condition.

Kondisi wajah kita berbeda saat pagi dan malam hari, saat musim hujan dan musim panas, saat memakai makeup dan tidak, oleh karena itu diperlukan tehnik dan metode yang berbeda. Untuk menyesuaikan kondisi wajah dan jenis kulit kita, kita bakal butuh beberapa macam produk pembersih. #langsungkeremendadak

99731_fd96a8c6-c2ee-11e4-ad13-3f522523fab8

Metode Cleansing Untuk Beberapa Kondisi…

1. Daily Makeup

Tahap pertama: Oil Cleanser.

Usapkan Oil Cleanser pada wajah secukupnya. Pakailah seperti memakai cream lalu bersihkan dengan tisu basah.  Oil Cleanser berfungsi untuk menghilangkan Blackhead dan Whitehead. Selain itu, Oil Cleanser berfungi juga sebagai pelembab.  Plusnya lagi, dengan Oil Cleanser kita nggak perlu lagi beli Eye Makeup Remover karena ini juga bisa digunakan untuk membersihkan daerah mata. Oh iya, buat yang punya kulit berminyak nggak usah takut. Oil Cleanser justru berfungsi lebih optimal pada kulit berminyak.

Recommended product: Innisfree Apple Juicy Cleansing Oil

Tahap kedua: Face Mist

Semprotkan Face Mist secukupnya pada wajah. Ratakan dan bersihkan dengan tisu basah untuk membersihkan kotoran yang tersisa. Face Mist digunakan agar wajah tidak perih dan menjadi pengontrol kadar minyak dan air setelah menggunakan Oil Cleanser. Face Mist berfungsi sebagai emulsi agar wajah jadi lebih lembab dan cerah.

Recommended product: Mineral Botanica Face Mist

Tahap ketiga: Foam Cleanser

Langkah terakhir menggunakan Foam Cleanser yang dinilai sangat ringan sehingga tetap menjaga kelembaban wajah. Caranya ambil Foam Cleanser secukupnya dan ratakan di tangan sebelum mengoleskannya pada wajah. Aplikasikan Foam Cleanser seperti saat kita memakai lotion pada wajah. Setelah itu basuh wajah dengan air dan keringkan dengan handuk atau kalo mau lebih steril pake tissu. Soalnya handuk yang sudah dipakai berkali kali sering kali menyimpan kuman-kuman jahil. Sip, udah deh, wajah bersih maksimal dan tetap lembab. Setelah itu bisa langsung lanjut ke Night Care Routine kita (ribet ya, i know your feeling).

Recommended product: Laneige Foam Cleanser Moisture untitled-1

2. Heavy Makeup

Tahap Pertama : Cleansing Water

Cleansing Water adalah salah satu one-step product yang dapat membersihkan makeup secara keseluruhan. Cleansing water juga dapat digunakan untuk membersihkan eye makeup. Tuangkan pada kapas secukupnya lalu usapkan pada seluruh wajah.

Recommended product: Garnier Micellar Cleansing Water

Tahap Kedua : Oil Cleanser

Supaya lebih bersih (deep cleansing), gunakan Oil Cleanser untuk membersihkan sisa-sisa makeup lainnya. Oleskan Oil Cleanser pada wajah seperti menggunakan cream, setelah itu bersihkan dengan kapas yang telah dituangkan Cleansing Water. Kalo belum bersih banget, bisa menggunakan Cleansing Water sekali lagi. Wajah akan lebih bersih dan segar. Dengan metode ini, nggak perlu lagi membasuh wajah dengan air. Hemat waktu kan?

Recommended product:  Innisfree Apple Juicy Cleansing Oil

untitled-2

3. Sensitive Skin

Tahan Pertama : Nourishing Cream

Nourishing Cream dapat menutrisi kulit sekaligus membersihkan wajah. Nourishing Cream tidak akan menyebabkan break out, oleh karena itu sesuai banget untuk kulit sensitif. Sensasinya akan seperti membersihkan wajah dengan cleanser berbentuk lotion.

Recommended product : Elf Nourishing Night Cream

Tahap Kedua : Cleansing Water

Setelah memakai Nourishing Cream, usapkan Cleansing Water dengan menggunakan kapas. Kamu bisa merasakan kalo wajah jadi lebih bersih dan kenyal.

Recommended product: Garnier Micellar Cleansing Water untitled-3

4. Morning Cleansing

Pada pagi hari kulit kita tingkat oiliness pada kulit kita meningkat, untuk itu tujuan membersihkan wajah pada pagi hari adalah untuk mengontrol kadar minyak pada kulit wajah dan melembabkan kulit. Dengan ini, pengaplikasian makeup jadi lebih mulus dan tahan lama. Gunakanlah pembersih yang mengandung kadar Acid rendah pada pagi hari.

Sekian dulu ya summarynya. Perlu diingat kalo semua orang punya metode yang berbeda-beda. Cocok dengan seseorang bukan berarti bakal cocok untuk orang lain. Makasih udah mampir. Ask in the comment section yap. Thank you.

Source : Get It Beauty

Narasumber : Makeup Artist – Seon Duk

3 Comments
  • Vina

    Reply

    Aku rada – rada sih pakai face mist buat cleansing. Aku pilih pakai toner.

    vinasaysbeauty.blogspot.com

    • Alifah

      maksudnya mungkin lebih ke melembabkan kulit aja sih sis. toner is definitely an alternative.:)

Leave a Reply