Pada saat pertama kali aku ingin membuat blog tentang Beauty, I know I want people to read it. Like a lot of people. I want to be known and I want to have income from it. Makanya aku memutuskan untuk langsung membuat blog dengan bantuan temen yang jago untuk masalah design. Ya nggak wow banget sih, but I like it. Well memang sih sekarang lagi nggak aktif-aktif banget karena kerjaan, cuma sementara aku kerja, aku juga pengen blog-ku jalan.

Sebagai beauty blogger pastinya banyak banget saingannya kan. Setiap hari ada aja racun baru yang berdatangan dan banyak banget influencer yang udah punya nama. Sebagai blogger pemula, aku ini siapa lah. Tapi tetap dengan keinginan untuk bisa lebih maju, aku mulai belajar tentang SEO (Search Engine Optimization). Meskipun sudah banyak mempelajari tentang SEO, aku bersyukur banget bisa ikutan acara Ngopi Cantik oleh Beautiesquad dengan narasumber Mbak Shintaries (shintaries.com), founder Blogger Perempuan Network. Setelah lama jadi fans, akhirnya bisa berbincang langsung (meskipun lewat WA aja) dengan beliau.

Tema Ngopi Cantik kali ini sangat menarik karena membahas SEO for Blogging. Ini sangat penting untuk semua blog ataupun website karena kita harus memastikan pencarian tema pada blog di optimasikan pada mesin pencarian Google. Adalah mimpi semua blogger untuk muncul di halaman pertama Google dan SEO adalah jalan untuk membuatnya happening.

Misalkan kita mereview sebuah product nih. Pastinya bukan hanya kita yang menulis tentang produk tersebut. Nah bagaimana caranya kita bisa muncul pertama dengan isi review yang kurang lebih sama?

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah bahwa Google senang dengan hal yang bersifat khusus. Menurut mbak Shintaries, tema beauty pada blog memiliki keuntungan karena jarang dari kita yang menyimpang dari jalur untuk tema ini. Oleh karena itu disarankan untuk tidak mix and match tema pada satu blog.

Teori yang disampaikan di Ngopi Cantik bersama Beautiesquad ini dibagi menjadi dua yaitu Pemahaman dan Teknis dan Aplikasi ke Blog.

Part I : Pemahaman dan Teknis SEO for Blogging

1. Otoritas Blog

Yang dimaksud disini adalah kepemilikan blog. Google akan lebih memprioritaskan blog dengan akun yang tidak anonim dan memiliki identitas yang jelas. Kita bisa mengisi data di aboutme.googe.com dan mengisi data kita serta profil media social. Dan kita juga bisa mendaftarkan nama domain yang kita daftarkan dengan email yang sama.

Otoritas Blog juga sering diartikan sebagai DA (Domain Authority). Semakin besar nilai DA kita, semakin sering akan terindeks oleh Google.

2. Konten

Sangat penting bagi kita untuk menyajikan konten yang bagus, bukan hanya untuk pembaca kita tapi juga untuk pencarian kita di Google. Penting dicatat bahwa kita tharus berkualitas dalam artian tidak copas dari blog lain, harus organik, natural dan buatan sendiri. Semakin rutin kita update semakin baik.

Konten termasuk dalam Video dan Gambar yang disajikan. Pastinya kita ingin menyajikan gambar yang berkualitas agar para pembaca tertarik. Jangan lupa pula untuk mengoptimasikan gambar dan video kita.

3. Template Yang Fast Loading

Template penting banget selain untuk tampilan, juga untuk bersaing di Google. Template yang SEO friendly sangat berperan besar dalam hal ini.

Google butuh sepersekian detik untuk mengidentifikasi sebuah keyword, dan dalam hal ini terlalu banyak script, gambar dan ornamen akan berdampak kurang bagus dalam pencarian Google. Hindari penggunaan slider jika ukurannya besar dan resize image sebelum di upload. Usahakan maksimal lebar 600 pixel dan berat 300 kb.

4. Mobile Site

90% dari kita mengakses website dengan menggunakan mobile phone dan tampilan mobile hukumnya WAJIB dipikirkan. Kita tidak mau kan blog kita tidak bisa tampil atau tampilannya nggak mobile friendly yang berakibat banyak viewers yang kabur.

5. Backlink

Backlink adalah salah satu yang paling banyak menentukan posisi dan prestasi sebuah blog. Semakin banyak backlink berkualitas yang didapatkan sebuah blog. Semakin percaya pula Google terhadap blog kita.

Part II : Aplikasi SEO Pada Blog

Secara teknis ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengoptimasi mesin percarian Google.

1. Menaruh kata kunci di judul.

Misalkan kita ingin menggunakan kata kunci lipstick brand tertentu, dalam judul kita bisa memasukan lipstick brand tertentu di dalamnya.

2. Ubah Permalink

Permalink adalah link dari postingan kita. Misalkan dengan judulku di atas “Beauty Blogger Harus Belajar SEO Juga Nggak Sih?” permalink yang akan keluar adalah http://puarada.com/beauty-blogger-harus-belajar-seo-juga-nggak-sih/. Nah ini lah yang diubah agar lebih friendly. Makanya aku ubah menjadi http://puarada.com/beauty-blogger-belajar-seo/ aja. Ini mengandung semua kata kunci yang aku inginkan untuk di optimasi di Google.

3. Jumlah Kata

Google sangat menyukai artikel panjang. Meskipun banyak perdebatan tentang hal ini, rata-rata artikel yang keluar pertama menpunyai 800-1000 kata per post.

4. Image

Sebelum mengupload Image, pastikan meresize gambar dan mengubah judul dengan keyword kita.

5. Internal dan Eksternal Link

Nah ini nih yang masih menjadi PR-ku. Selalu tambahkan link ke tulisan lain dan link ke dalam blog kita sebagai referensi. Ini bisa berupa Related Post dan Read More. #noted

6. Meta Description

Meta description adalah ringkasan dari konten yang akan ditampilkan pada saat pencarian. Ini sangat penting karena kita juga nggak suka kan jika melihat deskripsi meta yang nggak jelas atau bersambung pada Google search. Nah Google notice hal ini dan lebih mempriotaskan blog/website dengan meta description yang bagus.

Wow lumayan ya. Lumayan puyeng. Banyak banget ilmu yang didapatkan dari Ngopi Cantik kali ini. Kalo kalian ingin tau lebih banyak, silahkan tinggalkan komentar dibawah. Jangan lupa ikuti Beautiesquad di social media. Jadi kalo kamu mau ikutan Ngopi Cantik berikutnya bisa langsung daftar. Anyway, keep faith dan belajar. Kita nggak boleh berhenti belajar untuk menjadi lebih baik. Jangan pernah merasa puas dengan apa yang kita dapatkan, tapi tetap bersyukur ya. Thank you for having me. xoxo