})(window,document,'script','https://www.google-analytics.com/analytics.js','ga'); ga('create', 'UA-85541756-1', 'auto'); ga('send', 'pageview');

Apa itu Black Friday dan kaitannya dengan Thanksgiving

1 Comment

Hari ini, 24 November 2016, para warga di Amerika sedang merayakan yang disebut Thanksgiving. Thanksgiving kalau sesuai dengan terjemahan langsungnya berarti berterima kasih. Thanksgiving adalah hari libur nasional yang dirayakan di Canada dan Amerika untuk mensyukuri nikmat karunia, atau pada jaman dulu hasil panen dalam setahun ini.

Para warga Amerika menjadikan ini sebagai kesempatan untuk menghabiskan waktu berkumpul dengan keluarga dan kalo kita liat di TV, perayaan ini identik dengan sajian kalkun jumbo untuk dinikmati bersama.

Di Canada, Thanksgiving dirayakan pada hari Senin kedua di bulan Oktober. Sedangkan di Amerika, Thanksgiving dirayakan pada hari Kamis keempat di bulan November. Nah, hari sesudah Thanksgiving inilah yang disebut Black Friday.

thanksgiving_vs__black_friday_by_thebourgyman-d6w3bjc

Apa itu Black Friday?

Pernah nggak sih dengerin istilah ini tapi nggak tau artinya apa. Black Friday adalah istilah yang digunakan untuk menandai hari Jumat setelah Thanksgiving.

Black Friday ini juga secara tidak resmi (atau resmi) memulai musim belanja liburan a.k.a holiday shopping season. Hampir semua toko di Amerika keluar dengan diskon besar-besaran. Bahkan untuk toko online. Contohnya dengan memberikan gratis ongkir atau diskon tambahan lainnya. Untuk yang suka diskonan begini (dan kebetulan lagi di Amrik), Black Friday adalah festival tahunan terbesar yang tidak boleh dilewatkan.

Dalam beberapa tahun terakhir (mulai dari 2013 tepatnya), Black Friday bahkan telah dimulai sebelum jadwalnya. Beberapa toko mulai penjualan Black Friday mereka pada hari Thanksgiving & beberapa bahkan mulai dari hari rabu. Bahkan tidak asing lagi kalau diskonan Black Friday sudah dimulai pada hari Senin (Green Monday dan Cyber Monday) pada minggu yang sama.

20131118_104644_1124lifestory

Terus kenapa disebut Black Friday?

Menurut mbah Wiki, banyak toko yang melaporkan bahwa keuntungan tertinggi mereka adalah pada Black Friday. Tinta berwarna hitam pada financial report berarti keuntungan dan tinta berwarna merah berarti kerugian. Tradisi ini tetap dipakai dalam istilah software akuntansi modern, makanya jadilah nama Black Friday ini.

Kapan Black Friday tahun ini?

Berhubung hari ini Thanksgiving maka besok Jumat, November 25, 2016, adalah official Black Friday.

black-friday

Apakah Bank ditutup pada Thanksgiving?

Ya, Hari Thanksgiving adalah hari libur nasional di Amerika. Makanya, sebagian besar bank tutup pada Hari Thanksgiving.

Apakah Bank dibuka pada Black Friday?

Ya, Black Friday bukan hari libur nasional di Amerika. Sebagian besar bank buka pada Black Friday. Meskipun Black Friday adalah penanda liburan yang tidak resmi, beberapa lembaga keuangan mungkin ditutup untuk memungkinkan karyawan mereka untuk mendapatkan long weekend.

christmas-presents-family-rage-thanksgiving-ecards-someecards

black-friday-thanksgiving-ecards-someecards1

black-friday-football-shopping-thanksgiving-ecards-someecards

Black Friday di Indonesia?

Untuk musim belanja di Indonesia dibagi dua yaitu pada saat Lebaran dan saat Natal dan Tahun Baru. Untuk penandanya sendiri aku sendiri belum tau pasti. Tahun ini mungkin seperti Lazada yang menyerukan 11.11 Online Revolution dimana banyak sekali diskon yang ditawarkan. Mungkin juga ditandai dengan beberapa situs dan brand baru yang bermunculan dengan segenap promosi yang menyilaukan mata. Untuk tanggal pastinya yang pasti kita belum punya. Akan tetapi kita dan para penjual tahu pasti saat ini kita sudah mulai mencari hadiah-hadiah ataupun voucher liburan karena libur telah dekat.

Kalo diperhatikan kedua hari besar ini sangat berkaitan. Yang positif maupun negatif. Diatas aku kasih beberapa meme yang menunjukkan keterkaitan keduanya. Menurutmu penting nggak sih kita punya hari khusus yang seperti Thanksgiving (not Chrismast) atau Black Friday ini? And tolong dikoreksi ya kalo aku ada salah kasih informasi. Hope the post is somehow useful. xoxo

Source : https://www.theblackfriday.com

1 Comments

Leave a Reply